Cara Melancarkan Asi Yang Sudah Mampet Dengan Relaktasi

Cara melancarkan asi yang sudah mampet sama halnya dengan mengatsi seorang ibu yang tak lagi menyusui. Hal ini bisa jadi karena ibu tak lama menyusui karena beberapa faktor yang dialami. Berhentinya seorang ibu menyusui bisa dipengaruhi oleh beberapa hal yang diantaranya adalah ibu atau bayi sakit keras, ibu mulai bekarir dan masih banyak lagi alasan yang membuat intensitas ibu dan bayi bertemu berkurang. hal inilah ynag membuat asi menjadi kering dan berhent mengeluarkan asi. Karena memang salah satu hal yang membuat asi tetap lancar adalah kekonsistenan seorang ibu dalam menyusui banyinya. Dan untuk relaktasi ini adalah cara yang bisa digunakan untuk mengaktifkan kembali asi iu yang mengalami kekeringan akan tetapi masih perlu menyusui bayinya. Ada banyak pesiapan yang dilakukan untuk langkah relaktasi ini dimana hal ini sangat berkaitan juga dengan psikologi dari sang ibu sendiri. Maka dari itu dukungan moril dari suami dan seluruh anggota keluarga menjadi kunci kebehasilan dari relaktasi ini.


Relaktasi adalah cara melancarkan ASI bisa dilakukan dengan cara mempersiapkan mental ibu dan juga memulai menyusui bayi lagi sperti pada awal menyusui karena memang harus mengenalkan kembali kegiatan menyusui pada bayi dan juga ibu itu sendiri sehingga perlu melakukan penyusuan terhadap bayi sesering mungkin agar payudara sering dihisap oleh bayi dan memancing payudara memproduksi asi kembali. Dalam prosesnya memancing asi kembali ini tentu tidak boleh sembarangan, semua pihak termasuk keluarga dan suami harus serta merta mendukung apa yang dilakukan ibu agar tidak menadi beban yang berat bagi bu karena stres juga bisa mempengaruhi produksi asi nantinya.

Pada tahap relaktasi dimulai, ibu mengenalkan kembali ASI kepada bayi dan menyusuinya sesering mungkin. Bahkan ketika bayi meminta maka berikan agar bayi mau menghisap puting ibunya walaupun belum memiliki isi atau masih berisikan sedikit asi. Durasi memberikan asi ini adalah selama 30 menit dan untuk berkali-kali selanutnya bisa ditambahkan dengan 10-15 menit lagi. Jika asi belum keluar sepenuhnya, maka berikan susu formula dengan takaran full. Namun jika asi sudah mulai keluar sedikit kurangi takaran susu formula sedikit demi sedikit sampai habis. Jangan gunakan dot dalam memberikan susu formula, berikan dengan menggunakan sendok, gelas atau peralatan yang lainnya. Temukan posisi ternyaman anda dalam menyusui sehingga si bayi juga merasa nyaman dan ketagihan dalam menyusu.

This entry was posted in Usaha  ,